Modifikasi Motor Terbaru dan segala pernak perniknya

Saturday, March 23, 2019

Cara Tepat Setting Olsam Motor Kawasaki New Ninja RR 150

Wah sudah tak terasa sudah mendekati bulan puasa nih brosis, Di kesempatan kali ini perkenankan admin untuk sekedar share untuk otak-atik tunggangan yaitu cara setting oli samping ninja 150 RR 2 tak buatan pabrikan Kawasaki yang sebentar lagi kabarnya akan discontinue pada bulan Juli 2015. Tapi tak mengapa karena itu berarti motor Ninja 2 tak ini akan segera menjadi barang antik dan jadi legenda, dan tentunya walaupun sudah tak diproduksi lagi oleh pihak pabrikan tapi sparepartnya akan terus diproduksi oleh Kawasaki.


Nah, sudah cukup nih basa-basinya. Mari kita simak saja langsung tata cara setting olsam ninja 2 tak ini dengan metode yang tepat. Petama siapkan alat-alatnya untuk membongkar yaitu obeng plus, kunci shock ukuran 8 mm, serta kunci ring ukuran 10 mm pula.
Alat-alat yang dibutuhkan
Gb.1 Perhatikan lingkaran warna kuning yang ditanda panah

Gb.2 Setel baut oli samping


Posisi pompa oli bebas tali gas belum ditarik full

Langkah-langkah pembongkaran:
1. Buka penutup rantai yang ada disebelah samping kiri berdekatan dengan blok mesin samping, disini ada 3 baut yang harus dilepas dengan kunci ring.

2. Setelah itu lepas penutup tadi, nah sampai disini akan tampak gir depan dan disebelah dalamnya terdapat lempengan penutup mekanisme pompa oli samping. Lepas 2 baut yang mengikat penutup tipis ini dengan obeng plus.

3. Jika sudah terbuka maka akan terlihat mekanismenya yaitu ada sebuah tuas penggerak dan kawat yang terhubung langsung dengan selongsong gas. Perhatikan pada tuas penggerak tadi akan ada sebuah tanda (-) dan juga akan ada tanda yang sama terletak di body pompa oli samping.

4. Langkah selanjutnya yaitu putar penuh selongsong gas bisa dibantu oleh orang lain jika ribet untuk memutarnya. Lihat Gb.1 Nah perhatikan 2 tanda marking tadi, jika tanda minus yang ada di tuas penggerak setelah diputar full gasnya posisinya ada dibawah marking yang ada di bodi pompa oli itu tandanya setelan lebih boros. Jika sama dan sejajar maka itu adalah setelan standar pabrik dan jika marking yang ada dituas penggerak berada diatas marking yang ada di bodi maka itu adalah setelan irit.

5. Jika brosis sudah paham dengan cara kerjanya maka tinggal sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing apakah mau diiritin apa mau distandarin ataupun diborosin. Nah langkah untuk memboroskan adalah dengan membuka karet penutup disebelah atas luar, lihat Gb.2 kendorkan dahulu baut pengunci no.1 dengan kunci ring nomer 10 kemudian putar baut yang atas no.2 searah jarum jam jika ingin setel irit dan berlawanan dengan jarum jam jika ingin memboroskan setelan pompa olinya. Sambil dilihat tanda marking strip tadi diatas sudah dijelaskan yaitu sambil memutar full selongsong gas.

Nah cukup mudah bukan untuk setel oli samping ninja kesayangan brosis, sedikit saran mending setelan olinya agak diborosin, jadi posisi strip yang ada dituas penggerak ada dibawah strip yang ada di bodi pompa oli setelah posisi gas full. Hal demikian dengan maksud dan tujuan agar mesin tidak tersiksa ketika motor ninja brosis lagi open skip dan membutuhkan suplay pelumasan yang agak boros tentu saja hal ini akan lebih baik daripada setelan standart yang lebih beresiko jika motor sering diajak kebut-kebutan.

Cara Tepat Setting Olsam Motor Kawasaki New Ninja RR 150 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Gunawan A.P

17 comments:

  1. olsam yang murah tpi bagus apa om..?

    ReplyDelete
  2. Ane pake Motul bro... lancar jaya ga pernah nyangkut superkips nya

    ReplyDelete
  3. Om suhu Mau Naya ninin ane ko sdah d stel irit olsamya Msh ttp boros ITU knpa ya, tolong bntu pencerahanya para suhu ninin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya sekedar membantu gan, itu biasanya nyangkut dengan tutup setelan pompa oli samping, coba anda lihat gan, apa ada goresan ditutupnya...

      Delete
    2. Hanya sekedar membantu gan, itu biasanya nyangkut dengan tutup setelan pompa oli samping, coba anda lihat gan, apa ada goresan ditutupnya...

      Delete
    3. klo oli samping terlalu boros coba cek membran nya

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. www.tokopedia.com/stikerprotector

    ReplyDelete
  6. Om ninja ane olsam nya boros kenapa ya, asap ngepul banyak,
    Disetting bagian pompa olinya juga masih tetep ngepul padahal udah setelan irit.
    Mohon pencerahannya gan
    Thx..

    ReplyDelete
  7. Mungkin dr olinya bro, pilih yg smokeless

    ReplyDelete
  8. Pakek top1 aj say... Ga papa menurut ane.. Di atas setelan standar aj dikit...

    ReplyDelete
  9. Mas bro,Ninin ane ga berasa tendangannya disaat superkipsnya kebuka , masalahnya dimana ya? Minta pencerahannya, terimakasih.

    ReplyDelete
  10. Mau nanya suhu ninja ane kalo macet di jln knp slalu ovrhead yak?

    ReplyDelete